Web System

Stock Management

Ringkasan

  • FrameworkLaravel
  • DatabaseMysql
  • DashboardGrafik Dinamis
  • Multy UserYa
  • ReportPDF (A4)
  • User Log ActivityYa
  • ResponsiveYa
  • Share

Deskripsi

Pendahuluan

System ini di rancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan Perusahaan maupun Perorangan agar dapat berkembang dan tentunya akan sangat membantu dalam pengolahan data dan pengambilan kebijakan di waktu mendatang.
Di kembangkan dengan berbagai teknologi terbaru tanpa menyampingkan kenyamanan pengguna, bahkan dapat di operasikan oleh pengguna awam sekalipun karena tampilan di buat sesederhana mungkin, namun dengan tingkat akurasi data yang tinggi dan dapat dipertanggung jawabkan.
Secara garis besar system ini terdiri dari 2 versi yang dapat di gunakan sesuai kebutuhan masing-masing ,
  1. Core Version ( Versi Inti )
  2. Couple Version ( Versi Pasangan )

Apakah itu Core Version , silahkan lanjutkan membaca keterangan dibawah, karena fitur inilah yang akan sedikit kita bahas pada halaman ini.  

Fitur Singkat 

  1. Dashboard Dinamis
  2. Data Master
  3. Multi Level Kategori
  4. Produk Multi Harga
  5. Pendataan Stock Multi Gudang/Cabang
  6. Transfer Stok Antar Gudang/Cabang
  7. Peringatan Stok Minim
  8. Manajemen Penjualan / Pembelian / Pembayaran
  9. Perkiraan Keuntungan di Awal (Otomatis, tanpa buka fitur laporan)
  10. Cek Produk Dengan Keuntungan Terbesar (Otomatis, tanpa buka fitur laporan)
  11. Cek Piutang Pelanggan (Otomatis, tanpa buka fitur laporan)
  12. Cek Hutang ke Supplier/Pemasok (Otomatis, tanpa buka fitur laporan)
  13. Rekap Semua produk yang pernah di order ke masing2 Supplier (Otomatis, tanpa buka fitur laporan
Dalam tampilan utama (Dashboard) saat pertama kali membuka system akan ada beberapa informasi penting yang akan disajikan. Termasuk total data penjualan, pembelian, pembayaran, dan stok  yang tersedia.
Tidak hanya sampai disitu, anda juga dapat melakukan pengecekan data harian dalam bentuk total penjualan, pembelian, pembayaran cukup dengan mengarahkan kursor ke tanggal yang anda inginkan pada Grafik yang di sediakan.

Secara default, Dashboard akan merekap semua transaksi dalam 1 bulan kalender yang akan otomatis di reset pada hari pertama bulan berjalan (Tgl 1 Setiap Bulannya). Namun tidak usah khawatir, dengan adanya fitur dinamis pada dashboard ini jika ingin melihat transaksi bulan sebelumnya hanya di butuhkan 1x klik saja, maka data tsb akan di load secara otomatis.

Ini adalah jantungnya Management Data pada system ini yang terdiri dari Konsumen, Supplier, Gudang/Cabang, Kategori, Kualitas Produk, Satuan Barang, dll
 
Agar pendataan dapat terstruktur dengan baik, setidaknya ada 3 tingkatan yang bisa di gunakan untuk pengelompokan Produk/Barang yang terdiri dari :
  1. Kategori Utama
  2. Kategori Umum
  3. Sub Kategori
Akan menjadi tantangan tersendiri apabila kita sudah bicara harga, karena tidak akan bisa di prediksi berapa lamakah harga jual/beli suatu barang bisa bertahan. Ada banyak hal yang mempengaruhi harga jual/beli suatu barang, diantara nya kondisi pasar dan barang yang paling banyak diminati saat ini bisa saja mempengaruhi pergeseran harga jual/beli dr barang tsb. Sebagai contoh, seandainya hari ini perusahaan melakukan order suatu barang dengan modal satuan Rp1.000.000 sebanyak 50 item/pcs, seminggu kemudian kita asumsikan stok barang tinggal 5 item/pcs dan harus melakukan pembelian lagi namun dengan harga yg berbeda (misal Rp1.200.000/pcs ).

Maka saat melakukan pemambahan stok, system akan melakukan analisa secara otomatis, apakah pendataan stok yg baru akan di gabung atau di pisah dengan stok yg lama. Pada contoh ini bisa di pastikan system akan melakukan pemisahan data secara otomatis karena sisa stok lama memiliki harga berbeda dg data yg baru masuk.

Jadi pengguna system tidak lagi perlu khawatir pendataan stok akan tercampur satu dengan yg lainnya. Sebaliknya, apabila data yg baru masuk memiliki harga yg sama dg stok lama, maka secara otomatis sisa stok lama akan di akumulasi dg data stok yg baru masuk.

Saat menambahkan stok produk , terdapat beberapa tingkatan harga yang dapat anda atur sesuai kebutuhan yaitu harga Modal, Grosir A, Grosir B, dan Eceran.

Namun anda tidak usah khawatir karena ini hanyalah pengaturan harga default, di saat melakukan transaksi penjualan anda bebas memberikan Discount atau Up harga dari harga normal. Jadi anda bisa saja menjual Produk Lama dengan harga baru atau sebaliknya Produk Baru dengan harga lama, semua tergantung pada kebijakan pengguna system ini sendiri.

Seperti yang terlihat pada gambar sebelumnya saat anda menambahkan stok produk, anda bebas memilih Gudang mana yang akan digunakan. Tentu saja produk yang sama bisa anda daftarkan ke beberapa gudang/cabang dan pemisahan stok pergudang  akan ditangani oleh system secara otomatis.

Hanya butuh 3 langkah mudah untuk melakukan transfer stok antar gudang, yaitu Klik Tombol Transfer -> Pilih Gudang Tujuan -> Isi Qty yang akan di Pindahkan/Transfer. Jika terdapat kesalahan dalam melakukan Transfer stok data, anda dapat membatalkannya dan stok pada gudang/cabang sebelumnya akan di kembali ke posisi awal dan itu hanya butuh 1 klik saja.

Ini adalah fitur tambahan namun akan sangat bermanfaat bagi pengguna dalam hal menjaga stabilitas ketersediaan stok barang. Karena fitur ini akan memberikan warning/peringatan kepada pengguna terkait stabilitas stok yang harus di sediakan. Cukup dengan pengaturan yg mudah pengguna nantinya secara otomatis mendapat informasi bahwa stok tertentu sudah harus disediakan kembali, karena sudah di bawah Quantity yg seharusnya ada di persediaan/gudang. 

Bukan hanya sekedar transaksi penjualan maupun pembelian, system ini juga sudah di lengkapi dengan satu fitur tambahan yaitu Pembayaran. Yang mana fitur ini dapat di manfaatkan pengguna untuk merekap semua yang bersifat tagihan, seperti :

  • Tagihan Listrik - PDAM
  • Tagihan  Telepon - Internet
  • Biaya Sewa Gedung 
  • Rental Dsb. 

 

Mungkin adalah hal yang konyol jika harus dilakukan secara manual untuk menghitung semua persediaan barang yg ada di Gudang/Cabang, kemudian melakukan kalkulasi secara rinci hanya untuk mendapatkan rincian berapa modal suatu perusahaan dlm bentuk persediaan barang, dan sekaligus menghitung ke untungan yg akan di dapatkan dari persediaan yg ada.

Tanpa menggunakan system yg memadai, hal maksimal yg bisa di lakukan suatu badan usaha/perusahaan ataupun perorangan adalah hanya sebatas perkiraan kasar dengan tingkat akurasi maksimal 70% saja dari nilai sebenarnya. Namun dengan system ini tingkat akurasi data akan mencapai nilai 100% , walaupun dalam satu jenis barang memiliki tingkatan harga - gudang - kualitas yg berbeda-beda sekalipun. Ini semua akan di dapatkan tanpa disadari dan tidak memerlukan tindakan khusus apapun, disaat pengguna menambahkan daftar stok, tanpa di sadari system sudah melakukan kalkulasi secara otomatis. Termasuk berapa nilai Total Modal dari persediaan barang yg ada, berapa total penjualan jika terjual dg Harga Grs A, B dst, dan tentunya berapa keuntungan yg akan di dapatkan. Hanya dalam hitungan detik data dengan tingkat akurasi tinggi tersedia jika di butuhkan. 

Jika pengguna system adalah suatu badan usaha, tentu saja ini merupakan modal besar yang bisa anda andalkan untuk dapat menggaet para investor karena pendataan transparan dan prediksi keuntungan yang bisa didapatkan sudah jelas.

To be continued .... 

FAQ ( Pertanyaan Umum )

Saat membuat transaksi penjualan, anda dapat memilih produk sesuai lokasi gudang yang terdekat dengan pelanggan, sehingga dapat memangkas biaya operational
Tidak ada batasan jumlah gudang yang bisa di daftarkan, anda bebas mendaftarkan gudang sesuai dengan kebutuhan
Iya, anda dapat menjual 1 jenis produk dengan harga yang berbeda-beda kepada pelanggan anda
System akan melakukan analisa secara otomatis, apakah produk yang baru masuk akan di gabung atau di pisah dengan stok yang lama. Anda cukup melakukan pengisian data seperti biasa
Iya, bahkan dalam 1 Transaksi penjualan anda dapat mengambil produk dari semua gudang yang terdaftar ( jika memang produk tsb ada di masing-masing gudang/cabang ).
Transaksi penjualan dapat di batalkan/hapus, untuk kondisi stok yang ada di gudang akan di kembalikan secara otomatis seperti semula
Bisa dan memang sebaiknya penambahan stok di lakukan dari daftar pembelian barang, sehingga system dapat merekap riwayat stok masuk lebih lengkap.
  • Stock Management
    Teknologi
  • Procurrement System
    Teknologi
  • Payment Gateway
    Teknologi
  • Budget System
    Teknologi
  • Ecommerce
    Teknologi
  • Container Repair System
    Teknologi